Toyota C-HR

Toyota C-HR Dipastikan Meluncur Awal 2018

Toyota C-HR Dipastikan Meluncur Awal 2018 – Sinyal kedatangan Toyota C-HR sudah tercium sejak PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkannya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dalam versi konsep. Satu tahun kemudian di ajang yang sama, TAM kembali menghadirkannya. Namun bedanya C-HR yang dibawa adalah versi produksi. Kehadiran C-HR untuk kedua kalinya itu semakin menegaskan bahwa TAM serius untuk memasarkannya di Indonesia.

Teka-teki kehadiran C-HR akhirnya terjawab beberapa bulan lalu, ketika TAM secara resmi mengonfirmasi untuk menghadirkannya demi memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia, terutama yang hobi dengan mobil jenis sport utility vehicle (SUV). Terkait waktu peluncurannya TAM masih belum bisa membocorkannya.

“Waktu di GIIAS saya sudah jelaskan ada tiga model di atas panggung, pasti ketiganya akan kami perkenalkan, tinggal tunggu saja. Mobil Toyota Voxy sudah kami perkenalkan, Fortuner TRD sudah juga, nah untuk C-HR sudah pasti akan kita luncurkan,” Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager TAM di Jakarta, baru-baru ini.

Toyota C-HR 3

Sampai saat ini TAM masih melakukan studi terkait varian mana yang cocok dan bakal dipasarkan di Tanah Air. Untuk diketahui Toyota memproduksi C-HR dengan beragam varian dan mesin yang berbeda-beda.

Diantaranya mesin 8NR-FTS berkapasitas 1.200cc turbo yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 115 ps pada 5.200-5.600 rpm dan torsi puncak 185 nm antara 1.500 dan 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui pilihan transmisi manual enam percepatan atau CVT. Toyota menawarkan sistem penggerak dua dan empat roda.
Ada juga mesin berkapasitas 2.000cc bertenaga 147 ps dan torsi maksimal 187 nm. Toyota juga menawarkan versi hybrid dengan mesin konvensional 1.8oocc yang dihubungkan ke motor listrik. Adapun total tenaga yang dihasilkan dari konfigurasi mesin dan motor listrik mencapai 122 ps. Mesin yang digunakan sama seperti Prius terbaru.

(Baca: Harga Toyota C-HR, Fitur, Warna dan Spesifikasi)

Toyota C-HR 2

Toyota membangun C-HR dengan beragam versi dan mesin, namun rata-rata produsen mobil di beberapa negara tidak memasarkan mobil pesaing Nissan Juke dan Honda HR-V itu dengan semua pilihan mesin yang ada.
Begitu juga dengan TAM yang sudah memutuskan hanya akan memasarkan beberapa versi mesin saja ke pasar Indonesia. Setidaknya ada tiga mesin yang saat ini masih terus dipelajari.

“Masih kita studi karena kita itu lagi lihat segmen konsumennya. Seperti ada pernyataan turbo enggak semua konsumen appreciate dengan mesin turbo, berarti ada konsumen yang lebih pilih mesin lebih besar lagi seperti contohnya 1,8 liter. Jadi kita lagi timbang-timbang antara membawa C-HR dengan mesin 1.8 atau 1.2 liter turbo. Jadi kita enggak bisa putuskan sekarang,” terang pria yang akrab disapa Soerjo.

Bila berkaca pada harga jualnya nanti, maka ada kemungkinan akan lebih murah C-HR dengan mesin 1.200cc Turbo ketimbang 1.800cc. Dari segi tenaga pun kemungkinan mesin yang disebut pertama tidak jauh berbeda dengan versi 1.800cc, sebab walaupun bermesin kecil tapi sudah dilengkapi dengan turbo yang diklaim mampu meningkatkan performa.

Namun menurut Soerjo, kembali lagi kepada selera konsumen. Ada sebagian konsumen yang mau membeli mobil SUV karena tenaganya cukup besar.

“Sama seperti waktu Suzuki Ertiga keluarkan hybrid, walaupun bukan full hybrid tapi hybrid tersebut sifatnya membantu walaupun enggak besar. Makanya itu yang saya bilang kita lagi studi konsumen apakah mereka tertarik dengan mesin kecil, kan orang yang mau punya style mobil besar itu kaya C-HR, dia suka power kalau suka power kita kasih 1.2 dengan turbo belum tentu tertarik. Kenapa secara power apakah 1.8 lebih bagus ya tentu iya. Jadi makanya saya belum bisa tentukan tergantung kita mau bidik segmen yang mana,” pungkas dia.

Toyota C-HR merupakan SUV lima pintu dibangun menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA). Panjang mobil mencapai 4.350 milimeter, lebar 1.795 mm, tinggi 1.550 mm dan jarak sumbu roda 2.640 mm. (Sumber: Carmudi.co.id)

Spesifikasi Toyota C-HR

MESIN
Tipe Liquid cooled 4 Stroke, SOHC
Silinder Single Silinder
Diameter x Langkah 58,00 mm X 58,7 mm
Kompresi 10,5:1
Daya 11,1 kw/8000 rpm
Torsi 14,4 Nm/6000 rpm
Starter Electric
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin 1,00 L : Berkala=0,90 L
Sistem Pembakaran (Fuel Injection System)
Kopling Kering, Centrifugal automatic
Transmisi V-Belt Automatic
 
DIMENSI
Ukuran 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1.2350 mm
Berat 127 kg
Tinggi 135 mm
Tempat Duduk 765 mm
Kapasitas Tangki BBM 4,8 liter
 
RANGKA
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unti Swing
Ban Depan 110/70 – 13M/C 48P
Ban Belakang 130/70 – 13M/C 63P
Rem Depan Single disc brake (ABS)
Rem Belakang Single disc brake (ABS)
 
KELISTRIKAN
Pengapian TCI (Transistor Control Ignition)
Baterai YT27V
Busi NGK CPR8EA-9

 

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Atau Klik Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Customer Service | otosentrum.com
Alia April
Bayu Aji Ramadhan
Alamat Dealer Toyota

Posted in C-HR, News and tagged .