Toyota Grand New Avanza

Test Drive Toyota Grand New Avanza G AT

Test Drive Toyota Grand New Avanza G AT | Sosok terbaru dari MPV terlaris lansiran PT Toyota Astra Motor, Toyota Avanza resmi diluncurkan pada 12 Agustus lalu di Jakarta. Namun tiga hari sebelumnya, kami mendapatkan kesempatan mencicipi langsung performa, pengendaraan dan pengendalian di Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya. Avanza baru ini kini mendapatkan nama baru yaitu Toyota Grand New Avanza. Salah satu varian Grand New Avanza yang kami coba di Semarang saat itu adalah model Grand New Avanza 1.3 G AT.

Eksterior

Perubahan yang paling mudah dikenali dari model baru Avanza ini tentu saja dari desain eksteriornya. Perubahan desain Avanza kini tampak menjadi semakin agresif, antara lain berkat perubahan pada desain lampu yang lebih tajam, grille lebih lebar serta bumper depan berdesain baru. Di bagian belakang, lampu model baru dengan aksen tambahan di bagian tengah dan garnish pada bagian pelat nomor menjadikan buritannya tampil lebih menawan. Pada emblem grade varian, kini memiliki warna latar belakang biru untuk menunjukkan mesin yang lebih ramah lingkungan, berteknologi katup variable ganda, Dual VVT-i.

Interior

Di bagian dalam, perubahan yang paling kentara adalah variasi warna Dark Grey dan Oak (coklat tua) pada dashboard, serta trim pintu, yang membuatnya tampak mewah. Di bagian konsol tengah, terdapat head unit audio model baru, yang dapat mengakomodasi fungsi telekomunikasi via teknologi Bluetooth. Panel instrumen juga mendapatkan perubahan, kini terdapat indikator konsumsi bahan bakar serta indikator ‘eco’. Bangku baris kedua mendapatkan tambahan ruang kaki, serta bagi penumpang tengah, kini terdapat head rest dan sabuk keselamatan tiga titik. Di bangku baris ketiga, pembagian kursinya kini 50:50 yang memberikan fleksibilitas bagasi yang lebih baik.

Mesin

Meski begitu, perubahan yang menurut kami paling signifikan hadir dari penggunaan mesin baru, 1NR-VE, 4-silinder 1,3 liter berteknologi Dual VVT-i. Mesin baru ini memberikan limpahan tenaga dan torsi lebih besar dibandingkan mesin 1,3 liter lama Avanza bertipe (K3-VE), tenaganya kini menjadi 97 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Berkat katup variable ganda, pengaturan bukaan katup tak hanya pada jalur masuk (intake), namun juga pada jalur keluar (exhaust). Keunggulannya adalah efisiensi yang lebih baik pada ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan lebih baik. Selain itu emisi gas buang yang dihasilkan juga rendah karena sebagian gas buang ada yang dapat diproses kembali di ruang bakar.

Performa

Saat kami mencoba berakselerasi, respon yang diberikan Avanza terasa sedikit tertunda, hal ini disebabkan penggunaan teknologi drive-by-wire pada sistem bukaan gas yang diatur ECU yang kini digunakan pada Avanza. Namun, kemudian Avanza memberikan respon yang sigap untuk mencapai angka 100 kpj saat di jalur bebas hambatan. Jarum petunjuk putaran mesin menyentuh angka 3.200 rpm saat kami berlari 100 kpj. Ketika menghadapi jalur menanjak di jalan tol menuju Banyumanik dan melakukan kickdown, gear transmisi otomatis 4-percepatannya sekejap menurun dan mesin berteriak hingga 6.000 rpm di kecepatan 120 kpj sebelum kembali berpindah ke gear lebih tinggi.

Pengendaraan & Pengendalian

Penyempurnaan dalam peredaman kabin juga memberikan sumbangan peningkatan kenyamanan saat berkendara dengan Avanza. Saat berkendara, Avanza kini terasa lebih senyap. Selain itu, berkat perubahan posisi Lateral Rod di suspensi belakang, peredaman suspensi Avanza baru ini juga kini semakin nyaman. Getaran saat menghadapi jalanan bergelombang juga kini dapat diredam, dan yang paling terasa adalah semakin meningkatnya pengendalian.

Faktor lain yang menyumbang peningkatan pengendalian adalah penguatan struktur lantai bodi yang kini lebih kaku. Untuk kenyamanan, busa bantalan tempat duduk kini mendapatkan penyempurnaan sehingga semakin nyaman saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Keselamatan

Grand New Avanza mendapatkan beberapa fitur keselamatan baru yang tidak ada pada model sebelumnya, yaitu Side Impact Beam, sabuk keselamatan 3-titik untuk penumpang tengah di baris kedua serta rem dengan ABS di semua variannya. Selain itu, Avanza juga kini memiliki kursi dengan ISOFIX untuk pemasangan kursi anak (baby seat) di baris kedua dan lampu peringatan untuk penggunan sabuk keselamatan penumpang depan. Semua fitur tersebut, ditambah dengan airbag ganda di depan menjadikan Grand New Avanza sanggup mendapatkan 4 bintang pada pengujian uji tabrak Asean NCAP.

Sumber

Dapatkan Promo Diskon Terbaik dan Bonus Menarik Lainnya

Telp 1: 089657337250
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Telp 2: 081221836548
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
Dealer Toyota Bandung Bayu Aji Ramadhan: Sebagai Sales Consultant, Wijaya Toyota Bandung
Posted in Avanza, News and tagged , .