All New Kijang Innova

Test Drive All New Toyota Kijang Innova Diesel

Chat Via wa

Test Drive All New Toyota Kijang Innova Diesel | Merupakan babak baru bagi PT Toyota Astra Motor (TAM). Pasalnya, TAM resmi meluncurkan generasi terbaru dari salah satu mobil legendarisnya di Indonesia yakni All-New Toyota Kijang Innova. Kami mencoba Toyota Kijang Innova diesel terbaru di Indonesia.

Mengusung tagline The Legend Reborn, harus kami akui kalau tampang Innova kini berubah cukup signifikan. Tersirat jelas dari pengaplikasian radiator grill yang besar di depan. Ia memberi kesan moderen, namun tetap mengingatkan kita akan desain gril Toyota Avanza terbaru yang juga dibuat besar.

Desain lampu utama dibuat berbeda dan lebih menyipit. Bahkan khusus di tipe All-New Kijang Innova Q ini, headlamp sudah dilengkapi projektor dan DRL LED sebagai pemanis. Kap mesin juga semakin berotot dengan sisipan garis tegas. Sementara di bawah bumper, ubahan fog lamp kian melengkapi penampilan trendi dari Innova kini.

Sayang tampilan impresif di depan, tidak berlanjut ke bagian belakang. Kami menilai kalau bagian belakang Innova baru terlihat membosankan dan masih identik dengan pendahulunya. Hanya berbeda di desain lampu belakang, yang kami rasa menyerupai desain lampu belakang Daihatsu Copen atau lampu belakang Honda HR-V.

Secara keseluruhan, Innova baru terlihat semakin bongsor. Mobil ini tetap menggunakan sasis ladder, dengan dimensi panjang kini mencapai 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Interior All New Innova

Konstruksi sasis ladder di bawah body Innova memang mempuyai keunggulan dalam membawa beban yang lebih dan space kabin lebih besar. Tidak hanya itu, kami mensinyalir jika tim engineer berupaya membuat Innova baru ini lebih fleksibel mengisolasi getaran dan noise akibat jalan bergelombang dan berimbas pada kenyamanan kabin di belakang. Hal ini tentu tidak aneh, karena sasis ladder Innova juga digunakan pada sasis Toyota Hilux dan Fortuner.

Saat peluncuran Innova baru ini, kami juga berkesempatan menikmati tes berkendara singkat, meski hanya di seputaran pelataran parkir Hotel Fairmont, Jakarta selatan. Unit yang kami coba merupakan tipe tertinggi Innova Q M/T bermesin diesel baru dengan kapasitas 2.393 cc 4-silinder.

Letupaan tenaga mesin ini mencapai 149 dk dengan torsi besar hingga 342 Nm. Sedikit catatan, torsi mesin dari Innova Q M/T ini memang sedikit kurang dibanding tipe Q A/T yang mencapai 360 Nm. Meski begitu, mesin ini tentu jauh lebih bertenaga dibanding mesin Innova diesel gene­rasi kelima yakni unit 2.494 c 4-silinder yang hanya bertenaga 109 dk dan torsi 200 Nm.

Hal menarik lain, Innova baru sudah dibekali 3 pilihan mode kendara sebagai perlengkapan standar. Ada mode Eco, Normal, dan juga Power. Waktu yang terbatas, membuat kami penasaran akan sensasi di mode kendara Power.

Imbasnya, saat kami memacu Innova baru ini, penyaluran torsi terasa begitu rapat saketika pedal gas kami buka. Kami meyakini jika penerapan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan intercooler turut memberikan sumbangsih positif. Berbeda dengan mesin diesel Innova sebelumnya yang tidak menggunakan intercooler.

Peranti ini terbukti mam­pu memberikan torsi yang lebih besar dan juga penyaluran tenaga yang lebih stabil di setiap putaran mesin. Impresinya tentu berbeda dibanding hentakan torsi mesin diesel Innova generasi kelima yang cenderung terasa lamban saat berakselerasi. Penyaluran tenaga via transmisi manual 5 percepatan juga berjalan mulus tanpa entakan dari turbo yang cenderung meledak-ledak.

Namun sayang putaran setir menjadi terlampau berat saat di mode Po­wer. Efek handling di ke­cepatan sedang dan ting­gi cukup terjaga, namun bermanuver di jalan yang banyak kelokan tentu akan membuat tangan menjadi cepat pegal. Yups, Innova baru ini tetap mengusung power steering hidrolis dan belum menggunakan Electric Power Steering (EPS). Hal ini kami sinyalir adalah upaya Toyota untuk membantu pengendara agar lebih ‘wise’ saat bermanuver.

Tidak hanya itu, penggunaan power steering hidrolis dipercaya jauh lebih awet dan punya daya tahan lebih lama dibanding setir dengan EPS. Oh ya, berbeda dengan Innova tipe V dan G, pada Innova Q juga sudah dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC). Kontrol traksi ini menjadi penting mengingat komposisi tenaga Innova saat ini membuatnya cenderung lebih liar. Hal yang berbahaya jika dikemudikan pengendara yang baru belajar mobil.

Dengan bandrol harga di atas Rp 400 juta, wajar bila Innova tipe Q ini menyuguhkan kemewahan di kabin. Duduk dibalik kemudi, kami mendapatkan ruang kaki dan kepala yang lapang. Nuansa dashboard terasa hangat dengan sentuhan ornamen kayu, meski material pembungkus masih didominasi plastik.

Panel intrumen mobil ini juga sudah lebih atraktif dengan menu MID yang lengkap. Sementara layar informasi tersaji cukup jelas berukuran 8 inci dengan sederet menu terkini. Kemewahan berlanjut ke bangku baris kedua yang dibuat model captain seat. Ia terbukti lebih nyaman dan sudah dipayungi am­bient light layaknya di kabin Alphard. Tidak sekadar lebih lapang dan nyaman, mobil ini juga sudah dilangkapi sabuk pengaman 3 titik hingga ke penumpang di baris ketiga.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________

Sales Consultant | Otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
Alamat Dealer Toyota

Artikel Terkait

Paket Kredit Toyota NAV1 Bandung 2016 Paket Kredit Toyota NAV1 Bandung 2016 Berlaku Untuk Wilayah Garut, Tasik, Ciamis, Sumedang, Subang Nav1 sebagai medium MPV dari Toyota memberikan ke...
Harga Toyota Etios Valco Facelift OTR Jakarta Dealer Toyota Bandung | Harga Toyota Etios Valco Facelift OTR Jakarta. PT Toyota Astra Motor (TAM) baru mengeluarkan Toyota Etios Valco terbaru di Ind...
Spesifikasi Mesin Grand Avanza & Veloz Terbaru Spesifikasi Mesin Grand Avanza & Veloz Terbaru | PT Toyota Astra Motor (TAM) secara tegas membagi varian Toyota Avanza dalam Avanza dan Avanza Vel...
Spesifikasi Lengkap Toyota RAV4 Spesifikasi Lengkap Toyota RAV4 | Toyota RAV4 adalah mobil jenis medium SUV yang akan keluar tahun 2015 (masuk pasar indonesia tahun 2015), menggunaka...
Mesin Grand New Avanza Full Alumunium Mesin Grand New Avanza Full Alumunium | Salah satu perbedaan antara mesin baru dengan sebelumnya adalah material blok mesin yang digunakan Berdasarkan...
Posted in Innova, News and tagged , , , .