Mencoba Toyota Grand New Veloz 1.3

Mencoba Toyota Grand New Veloz 1.3 | Kini Toyota kian mempertegas perbedaan Avanza dan Veloz di 2015. Unit tes kami ini merupakan tipe terbaru dari Veloz. Bila sebelumnya Veloz hanya menyediakan pilihan mesin 1.500 cc, kini unit 1.300 cc pun turut tersedia.

Perbedaan mendasar pada Avanza dan Veloz terlihat jelas dari desain bumper depan. Bila Avanza menyematkan desain gril trapezoidal, Veloz memilih konsep X-shape dengan detail menyerupai Prius Gen3. Pun begitu dengan diameter pelek. Veloz 1.3 mengadopsi pelek alloy berdiameter 15 inci. Projector headlamp akan hadir pada Veloz 1.5.

Satu yang disayangkan adalah penerapan antenna radio yang masih konvensional di pilar A, bukan di atap atau kaca. Tetapi pihak Toyota memiliki alasan yang kuat terhadap penggunaan Antenna ini. Faktor kemampuan menangkap sinyal radio, model konvensional ini masih dianggap lebih baik.

Interior Grand New Veloz

Memasuki interior, Avanza akan mendapat sentuhan warna coklat, sedangkan Veloz bernuansa hitam. Indikator ECO akan menjadi pembeda di panel instrumen. Pun begitu dengan kelengkapan Multi Information Display yang menyediakan informasi konsumsi BBM pada Veloz.

Lingkar kemudi kini dapat diatur naik-turun dan telah dilengkapi dual airbags. Seatbelt tiga titik dan headrest untuk 7 orang di dalamnya telah menjadi kelengkapan standar. Uniknya, headrest tengah di bangku baris kedua dibuat terpisah, lantaran bangku kini terbagi 50:50, seperti di bangku baris ketiga pula. Alhasil, akses menuju bangku baris ketiga pun kian luas. Bangku baris kedua pun dapat di­atur maju-mundur untuk fleksibilitas ruang kaki.

Begitu pun dengan rem depan yang kini telah berventilasi dan dilengkapi teknologi ABS. Tak hanya fitur keselamatan aktif, side impact beam di pintu pun kini menjadi standar keamananan. Immobilizer pun menjadi jawaban dari perlindungan Avanza dari tindak pencurian kendaraan bermotor. Denan kata lain, Avanza terbaru kini lebih aman.

mesin grand new veloz

Untuk dapur pacu, Toyota menyematkan mesin baru berteknologi dual VVT-i. Dipadu dengan throttle by wire alias tanpa kabel gas yang bersifat mekanikal, mesin berkode 1NR-FE ini diklaim mampu meningkatkan performa Avanza secara menyeluruh. Artinya, kemampuan akselerasinya menjadi lebih baik dan konsumsi BBM kian menjadi lebih hemat dari pendahulunya.

Bila dibandingkan pendahulunya, kapasitas mesin pun bertambah dari 1.298 cc dari komposisi bore x stroke (72 x 79,7 mm) menjadi 1.329 cc (72,5 x 80,5 mm). Tak heran bila tenaga yang dihasilkan turut meningkat menjadi 96,5 dk dari 92 dk. Begitu juga dengan torsi yang kini menjadi 121 Nm dan didapat pada putaran mesin lebih rendah 200 rpm.

Memperhatikan detail i ruang mesin, Toyota telah menyematkan peredam di bagian firewall. Disinyalir, keheningan kabin akan meningkat untuk memberi kenyamanan lebih bagi penggunanya.

Grand New Veloz

Nah… Berbicara kenyamanan, engineer Toyota menempatkan faktor ini sebagai target pengembangan Avanza terbaru. Ban berlabel Bridgestone Ecopia menjadi langkah pertama untuk memberi peredaman optimal dari permukaan jalan.

Lalu desain gardan baru, disinyalir berkontribusi terhadap pengurangan bobot. Efeknya, tingkat kekerasan per dan sokbreker turut diubah. Bahkan posisi sokbreker belakang terlihat lebih miring sebagai indikasi bahwa bantingan suspensi akan terasa lebih lembut. Tak berhenti sampai disitu, busa jok kini dibuat lebih tebal.

Perubahan ini diprediksi mampu memberi kontribusi terhadap kenyamanan Avanza terbaru ini. Kelembutan suspensi yang meningkat dipadu dengan interior yang lebih hening, plus mendapat mesin baru berteknologi dual VVT-i. Keunggulan ini diprediksi akan tetap mempertahankan Avanza sebagai mesin uang To­yota di Indonesia.

Sumber

Dapatkan Promo Diskon Terbaik dan Bonus Menarik Lainnya

Telp 1: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Telp 2: 081221836548
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
Dealer Toyota Bandung Bayu Aji Ramadhan: Sebagai Sales Consultant, Wijaya Toyota Bandung
Posted in Avanza and tagged , .