Mencoba Performa Toyota Kijang Innova Q AT Diesel

Mencoba Performa Toyota Kijang Innova Q AT Diesel | Toyota menempatkan Q diesel bertransmisi otomatis sebagai Kijang Innova termewah saat ini. Inilah hasil kami mencoba Toyota Kijang Innova Q 2.4 AT termahal di Indonesia.

Dalam lini produk Toyota Kijang Innova saat ini, Q adalah tipe tertinggi menggantikan tipe V yang sebelumnya merupakan flagship. Lalu di tipe Q, adalah yang bermesin diesel dan bertransmisi otomatis yang menempati posisi puncak. Singkatnya, Innova yang kami tes ini merupakan Innova paling lengkap, paling mewah dan paling mahal dari semua Innova dengan harga jual Rp 423,8 juta.

Eksteriornya tidak banyak beda dengan tipe lain. Selain headlamp sudah menggunakan proyektor dan LED, pelek memakai ring 17 inci. Terbesar karena pelek Q bensin, dan Innova tipe lainnya ‘hanya’ berukuran 16 inci. Hal ini didasari lantaran performa yang dimiliki mesin diesel terbaru yang begitu sensasional.

Di dalam, desain dasbor yang sudah keren kini semakin menarik berkat elemen kayu. Selain dasbor, wood panel juga ada di kemudi dan bingkai meja lipat belakang. Ini eksklusif karena wood panel hanya ada pada varian Q.

Toyota Kijang Innova Tipe Q juga punya keistimewaan lain yaitu format bangku baris kedua yang captain seat. Jok individual ini memang mengurangi kapasitas penumpang secara keseluruhan, tapi dampak positifnya membuat privasi lebih baik dan nyaman.

Spec Innova Q AT

Saat tombol start-stop engine kami tekan, mesin Innova diesel menyala lembut. Tidak sehening Innova bensin memang, tapi dibanding Innova diesel generasi sebelumnya, yang ini jelas lebih senyap. Apalagi sistem akustik kabin sudah dibuat 11% lebih kedap, sehingga suasana kabin menjadi semakin rileks.

Mesin ini berkapasitas 100 cc lebih kecil dari Innova diesel sebelumnya, namun merilis output jauh lebih besar. Tenaga puncaknya 149 dk dan torsi maksimum di angka 367 Nm. Oh ya, Innova diesel bertransmisi otomatis memang lebih besar torsinya karena yang bertransmisi manual harus puas di angka 342 Nm.

Output dahsyat itu lalu diteruskan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Ada catatan positif mengenai girboks ini. Rasionya cukup rapat (close ratio) untuk ukuran MPV keluarga, pun dengan perpindahan yang cepat. Ini membuat Innova diesel seolah tak ada jeda saat mengalirkan tenaga. Saat menyalip atau menanjak, kerjasama mesin-transmisi ini sungguh memberi kenikmatan tersendiri bagi pengemudi.

Ini serasi dengan proyeksi Toyota bahwa Innova kini tak hanya asyik untuk penumpang namun juga menyenangkan bagi pengemudi. Jika dipersentasekan, orientasi Kijang jika sebelumnya 25:75 untuk pengemudi-penumpang, kini menjadi 50:50 untuk pengemudi dan penumpang.

Keasyikan tak berhenti sampai di situ. Toyota Kijang Innova Q 2.4 A/T seperti tipe lainnya, memiliki mode berkendara ECO Mode dan Power Mode. Saat di mode Power, mapping computer diset untuk memasukkan bahan bakar lebih banyak yang pada gilirannya membuat dapur pacu kian responsif. Hasilnya, ia bisa sprint 0-100 km/jam dalam tempo 12,1 detik saja. Padahal bobotnya bertambah 85 kg dari generasi sebelumnya yang berbobot 1.640 kg.

Sementara di pengetesan efisiensi, kami aktifkan mode ECO dan hasilnya tak kalah menggembirakan. Rute dalam kota diselesaikan dengan catatan 13,3 km/l dan rute dalam kota pada angka 18,6 km/l.

Menarik mencermati fitur keselamatan. Q 2.4 A/T adalah satu-satunya Innova yang sudah dilengkapi kontrol stabilitas Vehicle Stability Control (VSC). Jadi pengemudi bisa lebih yakin saat bermanuver dengan kecepatan tinggi. Ia juga sudah dibekali 6 buah airbags dan Hill Assist Control agar mobil tidak mundur saat start di tanjakan.

Handling? Agak mirip namun jelas lebih baik. Ia lebih tajam berkat rigiditas yang ditingkatkan 24%, plus ban lebar berprofil tipis (215/55 R17). Hebatnya, bantingannya bisa tetap lembut sehingga nyaman bagi penumpang. Tapi memang setir yang terasa lebih berat cukup merepotkan pengemudi saat parkir di tempat sempit.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Toyota, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
Form Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Toyota menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini

Posted in Innova, News and tagged , , , .